gili-ketapang

Pantai Gili Ketapang Probolinggo Jadi Tempat Snorkeling

Pantai Gili Ketapang Probolinggo Jadi Tempat Snorkeling – Ketika wisatawan banyak berpikir bahwa Pulau Gili hanya di Lombok, saatnya untuk pergi ke tempat wisata yang ada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur dimana ada sebuah pulau yang cukup kecil, tak kalah dengan pantai gili di Lombok. Jadi ketika berlibur ke Probolinggo biasanya pengunjung lokal ataupun manca negara tidak hanya pergi ke Gunung Bromo atau juga melakukan Out Bond Rafting sungai Pekalen, karena pulau kecil bernama Gili Ketapang banyak orang masih menyangka pulau ini adalah yang berada di pulau lombok, namun kenyataannya pulau Gili Ketapang Probolinggo, Jawa Timur ini juga menyimpan banyak pesona yang siap untuk membuat wisatawan kagum. Gili Ketapang hanya 8 km di lepas pantai utara kota Probolinggo dan terletak di Selat Madura. Secara administratif, Gili Ketapang Sumberasih termasuk dalam Kecamatan, Probolinggo. Untuk menghubungkan pulau dengan Pulau Jawa, ada perahu motor untuk menyeberang melalui Pelabuhan Tanjung Tembaga dengan perjalanan sekitar 30 menit. Di pulau 68 hektar dihuni oleh sekitar 7.900 penduduk yang sebagian besar Madura. sehingga mereka menggunakan bahasa Madura ke dalam bahasa sehari-hari mereka.

gili-probolinggo

gili-ketapang-probolingo

Menurut cerita lokal Pulau Gili ketapang sebelumnya merupakan satu kesatuan dengan Probolinggo, tepatnya ke desa Ketapang dan hanya dipisahkan oleh sebuah sungai. Namun, karena gempa akibat letusan Gunung Semeru, daratan kemudian dipisahkan oleh 5 mil ke laut. dan pada Akhirnya, dataran terpisah ini disebut oleh penduduk sekitar dengan Nama Gili, artinya dalam bahasa Madura adalah Gili yang berarti mengalir dan Ketapang adalah nama desa ketika mereka masih bersatu pertama kalinya. Sehingga bila ditafsirkan Nama Gili Ketapang adalah Ketapang mengalir. Bahkan, Yups…! menurut kepercayaan masyarakat, sampai sekarang lokasi Pantai Gili Ketapang semakin menjauh perlahan ke tengah laut.

Goa Kucing di Gili Ketapang

Sehari-hari, sebagian besar warga Gili menggantungkan hidupnya sebagai nelayan. Gili menjadi pulau dengan potensi wisata yang cukup menawan. Salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri adalah wisata religi Goa Kucing. Konon, goa kucing merupakan salah satu petilasan Syekh Maulana Ishaq atau Sunan Giri.

Salah satu ulama wali songo yang terkenal kemasyuharannya. Abdul Bahri, juru kunci Goa Kunci mengatakan, awal mula adanya goa kucing dari kakeknya. “Dulu kakek senang memancing. Saat memancing, dia melihat seberkas cahaya di lokasi yang kini menjadi goa kucing,” terangnya.

Tidak hanya sekali, sang kakek bahkan melihat sampai tiga kali. Sampai akhirnya, sang kakek bermimpi ada sosok bersorban putih yang diyakini adalah adalah putra Syekh Jumadil Qubro itu. Sejak saat itulah, tempat cahaya itu kemudian dikeramatkan.

goa-kucing-di-gili
Salah satu tanda yang diyakini jika tempat itu pernah disinggahi Maulana Ishaq yakni keberadaan pohon santiki. Kayu serupa juga di temukan di Situbondo yang juga diceritakan menjadi petilasan sang ulama. Menurut cerita, Syekh Maulana Ishaq kala itu menyebarkan agama Islam. Dalam perjalananya dari Gresik menuju Blambangan, Banyuwangi, Maulana Ishaq singgah di Gili.

Di Gili, adik Maulana Malik Asmaraqandi (Sunan Gresik) memelihara ribuan ekor kucing. Bahkan, terdapat kucing yang kepalanya bertuliskan bahasa arab. Ketika tokoh penyebar agama Islam tersebut meninggalkan pulau ini, kucing-kucing itu ditinggalkan begitu saja sehingga hilang tak tentu arah.

Tetapi anehnya, setiap malam Jumat legi, suara kucing-kucing itu terdengar bergantian disela-sela goa yang gelap gulita. Jika suara tadi dikejar, hilang tak terdengar lagi. Kades Gili Suparyono mengatakan, kucing-kucing yang ada di goa tersebut konon berbeda dengan kucing pada umumnya.

“Kalau kucing liar pasti lari ketika ketemu dengan orang, tapi kucing ini seperti menunggu,” katanya. Sayangnya, seolah-olah kucing-kucing ini fatamorgana. Ketika didatangi, kucing tersebut tidak ada. Seiring berjalannya waktu, kekeramatan Goa Kucing semakin dikenal di masyarakat.

Setiap malam Jumat legi, selalu diadakan acara doa bersama. Bahkan, saat malam Jumat legi, pengunjung yang datang bisa mencapai 500 orang. “Banyak yang datang kesini untuk ngalap berkah,” katanya. Tidak hanya daerah di Jatim seperti Kota/Kabupaten Probolinggo, Kota/Kabupaten Pasuruan, Jember, sampai Situbondo. Banyak juga pengunjung dari Jakarta. Nah… keindahah Pulau Gili ketapang tidak sampai disitu, ditempat wisata pantai yang berada di probolinggo ini juga memiliki keindahan bawah laut yang bisa terkagum-kagum

Wisata Sorkling di Laut Gili Ketapang

Terumbu karang di perairan Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, berpotensi menjadi destinasi wisata. Khususnya wisata snorkeling atau menyelam. Kondisi terumbu karang di Pulau Gili cukup bagus, walaupun jumlahnya masih kurang. Cocok untuk para pemula snorkeling. Sayangnya, sedikit sekali data tentang Pulau Gili yang bisa didapat di internet. Jika dibandingkan dengan tempat snorkeling lain, memang sedikit kurang. Namun untuk pemula, tempat wisata Gili cocok untuk snorkeling.

gili-ketapang-snorkeling

gili-ketapang
Menurut informasi yang kami dapat dari warga Pulau Gili, penyebabnya karena, dulu penangkapan ikan di sana menggunakan bahan peledak. Tapi sekarang sudah tidak,” lanjutnya. Tidak hanya snorkeling, Pulau Gili juga memiliki potensi pasir putih yang cukup bagus. Dan wisata sejarah gua kucing seperti yang sudah dijelaskan diatas

jika anda berminat wisata ke Gili Ketapang, kami siap untum memberikan informasi up to date, Anda juga Bisa menambahkan tempat wisata pulau gili ketapang dengan Wisata Gunung Bromo dan sekitarnya